Skip to main content

Aplikasi Pengajuan Kartu Kredit Online

Mendaftar Pengajuan Aplikasi Pengajuan Kartu Kredit Online

Aplikasi Kredit OnlineGaya hidup yang semakin glamor dan kebutuhan yang kadang tidak terlihat batasnya membuat masyarakat Indonesia mulai menyukai sistem kartu. Uang dalam bentuk fisik mulai ditinggalkan karena dianggap merepotkan dan berbahaya jika dibawa dalam jumlah banyak. Pihak Bank mulai berlomba memberikan layanan kartu kredit dengan kemudahan dan bonus fantastis. Sebelum tertarik membuat kartu kredit, sebaiknya simak artikel ini. Berikut adalah ulasan kelebihan, kekurangan, dan penyedia layanan aplikasi pengajuan kartu kredit online.

Kelebihan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki pesona tersendiri bagi penggunanya. Mereka yang telah menggunakan kartu ini seringkali lupa bahwa kartu kredit sejatinya adalah hutang yang harus dibayar secara berkala. Berikut adalah kelebihan kartu kredit.

1. Praktis

Kelebihan yang paling mencolok adalah kepraktisannya. Tanpa membawa uang dengan jumlah banyak, pengguna bisa membeli barang yang mahal dan bermerk baik online maupun offline. Cukup dengan satu kartu, semua barang bisa dibeli meskipun tak punya banyak saldo di bank atau uang di dompet.

2. Banyak Promo

Bank seringkali memberikan promo khusus kepada pemegang kartu kredit. Baik berupa voucher, potongan harga, hingga cashback. Promo ini tak hanya ada di toko onlone, namun juga berlaku pada toko offline bahkan beberapa restoran dan cafe.

Pada akhir tahun atau musim liburan, penyedia kartu kredit juga sering memberikan promosi dalam bentuk potongan harga tiket kereta, pesawat, dan hotel. Pengguna kartu kredit yang akan diberi promo pasti mendapatkan banyak tawaran diskon dan vouche yang masuk ke emailnya.

3. Membantu di Saat Darurat

Tidak ada orang yang ingin masuk dalam keadaan darurat seperti kecelakaan atau sakit mendadak. Dengan memiliki kartu kredit, pengguna akan lebih mudah melakukan pembayaran di rumah sakit. Hal ini menyebabkan penanganan akan dapat dilakukan lebih cepat.

4. Mudah dalam Pengajuan Pinjaman Bank

Beberapa bank mengenai syarat bagi calon peminjam untuk memiliki kartu kredit minimal 1 tahun dengan limit tertentu untuk dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan. Kartu kredit disini dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui bagaimana cara nasabah menggunakan dan membayar tanggungan dari kartu yang ia miliki.

Jika nasabah membayar angsuran kartu kredit secara teratur dan melakukan pembelanjaan dengan wajar, maka pengajuan pinjaman akan lebih mudah dikabulkan. Namun jika penggunaan kartu kredit serampangan dan bahkan sering over limit, mungkin pinjaman di bank akan lebih sulit.

Kekurangan Kartu Kredit

Setelah membahas kelebihan kartu kredit, mungkin saat ini terpikir untuk mencari informasi tentang aplikasi pengajuan kartu kredit online. Pada akhir artikel ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut. Namun, saat ini perlu diperhatikan pula kekurangan dari penggunaan kartu kredit.

1. Boros

Karena kepraktisan kartu kredit, pengguna seringkali mengabaikan manajemen keuangan mereka. Melihat beragam barang yamg cantik di toko membuat pengguna kartu kredit tak pikir panjang dan segera membeli. Kemudahan ini mengakibatkan pengeluaran tidak terkendali.

Banyak pengguna kartu kredit yang bangkrut akibat lalai dalam menghitung pengeluaran dan pemasukan bulanan. Terlebih jika memiliki lebih dari satu kartu kredit. Tanpa disadari, kartu-kartu yang digunakan over limit dan tak bisa digunakan lagi.

2. Terkena Bunga

Bunga yang dikenakan pada kartu kredit mengakibatkan harga barang yang dibeli naik secara tidak sengaja. Misalnya, handphone seharga 1.500.000 rupiah yang dibayar cash, mungkin bisa dibawa pulang dengan menggesek kartu kredit. Namun saat membayar kembali angsuran kartu kredit, harga handphone tadi sudah bukan 1.500.000 melainkan lebih bahkan hingga 2.000.000 rupiah.

Apakah ini suatu kerugian? Bisa jadi. Karena handphone dan benda konsumtif lainnya secara otomatis akan turun nilai jualnya setelah dipakai. Hal ini mengakibatkan kerugian berlipat jika pengguna terkena bunga dari barang yang dibeli.

3. Rentan Terkena Carding

Carding merupakan tindak kriminal, dimana seseorang dapat mencuri nomor dan kata sandi kartu kredit yang digunakan secara online. Saat ini peretas telah semakin cerdas dan bisa dengan mudah membongkar beragam keamanan dalam website.

Pembelian barang dengan kartu kredit melalui toko online, memungkinkan peretas untuk mengetahui kata sandi dan nomor kartu kredit yang dipakai. Terlebih jika sandi yang digunakan mudah ditebak. Pencurian ini akan mengakibatkan pengguna kartu kredit membayar barang-barang yang dibeli oleh pencuri hingga kartu over limit.

Penyedia Layanan Aplikasi Kartu Kredit Online

Di zaman serba online, nasabah bank bahkan tidak perlu datang ke bank jika hanya ingin bertanya mengenai informasi terkait akun bank atau fasilitas baru. Cukup cek di website dan nasabah akan menemukan apa yang dicari. Bahkan, saat ini mendaftar pengajuan kartu krrdit pun bisa dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa penyedia layanan aplikasi pengajuan kartu kredit online.

1. Pilihkartu

Situs ini bukanlah situs bank, namun ketika mengakses pilihkartu, pengguna akan dapat mengakses berbagai informasi kartu kredit. Bahkan situs ini akan membantu pengguna mendaftar dan membandingkan satu jenis kartu kredit dengan yang lain. Caranya adalah dengan mengakses pilihkartu, kemudian cari kartu kredit di kolom pencarian.

Jika sudah menemukan kartu kredit yang diinginkan, klik ajukan martu kredit. Lalu, unggah atau kirimkan syarat-syarat yang diminta seperti KTP, NPWP, dan lain sebagainya. Setelah itu, pihak bank akan menghubungi pengguna melalui sms, telepon, atau email.

2. BCA

Ini merupakan bank besar yang juga menyediakan aplikasi pengajuan kartu kredit online. Di halaman awal, terdapat menu untuk mengetahui kartu kredit apa yang cocok sesuai dengan karakter pengguna. Dari halaman ini dapat diketahui bahwa penghasilan minimal bulanan pemegang kartu kredit adalah 3.000.000 rupiah.

Setelah melewati halaman ini, pengguna dapat memilih kartu mana yang paling cocok dengan kebiasaan pribadi. Hal ini berkaitan dengan promo, diskon, dan cashback yang diterapkan pada masing-masing jenis kartu. Selain itu besaran angsuran wajib per bulan juga berbeda, yaitu berkisar antara 100.000- 1.000.000 rupiah.

Setelah memilih pengguna akan diminta mengisi data diri. Jika tidak memiliki rekening BCA, maka pengguna akan diminta mengisi formulir mulai dari data pribadi hingga data pekerjaan dan fasilitas yang dimiliki. Seluruh proses pendaftaran diakhiri dengan mencetak surat/ formulir yang sudah diisi untuk kemudian dibawa saat pengambilan kartu kredit BCA.

3. BNI

Layanan pengajuan kartu kredit secara online juga diberikan oleh BNI. Melalui website BNI, pengguna dapat mengakses formulir online. Pengguna diminta untuk menyiapkan beberapa syarat seperti KTP, bukti penghasilan, dan fotokopi kartu kredit lain jika sudah punya.

Setelah itu, pengguna dapat melihat kewajiban apa saja yang harus dipenuhi selama memiliki kartu kredit. Hal ini agak berbeda dengan bank lain, karena biasanya syarat dan ketentuan disertakan di lembar yang berbeda. Halaman ini, menyebabkan calon pendaftar berpikir ulang apakah dirinya sanggup atau tidak jika mengajukan kartu kredit.

Selain ketiga pilihan tersebut, masih ada beberapa bank yang menyediakan layanan online di websitenya. Syarat dan ketentuan yang dikenakan pada calon pengguna kartu kredit kurang lebih sama. Aplikasi pengajuan kartu kredit online yang diberikan di website bank, bertujuan untuk memperluas penggunaan kartu dengan meningkatkan kemudahan akses pendaftarannya.

Hal ini cukup baik bagi marketing Bank, namun membuat nasabah menjadi kurang berhati-hati. Alasannya adalah kemudahan ini menyebabkan pengguna kartu ingin menambah kartu kedua, ketiga, dan seterusnya. Sehingga pembelanjaan pribadi dan manajemen keuangan akan memburuk jika tidak diperhatikan dengan baik.

You may also like