Skip to main content

Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional
Perusahaan multinasional juga dikenal sebagai PMN atau Multinational Corporation (MNC). Perusahaan ini berkembang di banyak negara dan biasanya sangat besar. Kantor, pabrik, dan kantor cabang dapat ditemukan di banyak negara.

Indonesia sendiri adalah perusahaan multinasional dengan sistem manajemen global. Kehadiran perusahaan dapat mempengaruhi banyak bidang, termasuk sektor politik dan ekonomi.

Karakteristik perusahaan multinasional

Sifat perusahaan PMN berbeda dalam banyak hal dari perusahaan lain. Terutama, itu mencakup banyak benua dan memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa karakteristiknya adalah:

 Kegiatan menghasilkan pendapatan tanpa batas
 Manajemen global untuk koordinasi cabang di banyak negara
 Dapatkan kendali atas teknologi dan modal
 Mempersiapkan sistem modal, lisensi dan waralaba dengan sistem manajemen yang melampaui batas-batas nasional
 Biasanya ada subkontraktor untuk kegiatan produksi.
 Tempatkan afiliasi di negara maju
 Visi dan Strategi Global

Perusahaan Multinasional Domestik (Indonesia)

Banyak perusahaan Indonesia dapat memasuki pasar global. Produk dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Beberapa dari mereka telah memasuki level multinasional:

 Cum Indonesia: Ini adalah BUMN pertama dengan status perusahaan multinasional. BUMN ini berhasil mengakuisisi perusahaan asing dan berhasil memasuki pasar ASEAN dan Asia Selatan.
Garuda Food: Makanan dan makanan ringan perusahaan diterima secara luas di banyak negara. GarudaFood berhasil memperluas perusahaan asing dan berhasil mengakuisisi pabrik gula Fuhua Jingjiang Yonghe.
 Freeport Indonesia: Perusahaan mengeksploitasi dan mengeksploitasi tembaga, perak dan bijih emas di Papua.
 Bank DBS Indonesia: Ini adalah perusahaan multinasional di sektor perbankan. DBS Indonesia adalah anggota grup DBS yang berkantor pusat di Singapura.
 Unilever Indonesia: Perusahaan multinasional dengan banyak cabang dan eksekutif di seluruh dunia. Hampir semua peralatan rumah tangga diproduksi oleh Unilever sampai seluruh masyarakat mengetahuinya.
 Rohto Laboratories Indonesia: Perusahaan yang dikembangkan oleh publik, salah satu produk tetes mata yang terkenal di Indonesia.

Ini adalah kasus perusahaan multinasional yang berkembang di Indonesia. Hingga kini semua perusahaan selalu berusaha memperluas dan memperluas pasar. Maka perekonomian negara akan berkembang.

Perusahaan multinasional asing

Pembukaan pasar global membuka peluang bagi perusahaan untuk tumbuh lebih luas. Inilah beberapa perusahaan multinasional terbaik saat ini.

 Google: Perusahaan global yang berkembang pesat dengan dunia digital. Berbasis di Amerika Serikat, perusahaan ini secara khusus menciptakan produk-produk Internet.
 SAS Institute: Perusahaan global ini mengkhususkan diri dalam program komputer untuk analisis statistik. Perangkat lunak perusahaan berguna untuk riset operasional pada manajemen proyek.
 NetApp: Perusahaan penyimpanan komputer dan perusahaan manajemen data yang berkantor pusat di California, AS.
 Microsoft: Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah produk yang berhubungan dengan komputer dan merupakan perusahaan global yang berkantor pusat di Washington, AS.

Mereka adalah perusahaan multinasional yang aktif di seluruh dunia. Dengan berbagai produk yang Anda miliki, semua orang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, produk dan layanan lebih inovatif karena dikembangkan dengan teknologi yang sudah ada.

MNC, umumnya dikenal sebagai perusahaan multinasional atau perusahaan multinasional, adalah perusahaan yang dapat beroperasi di lebih dari satu negara pada satu waktu. Keberadaan hubungan internasional yang dipraktekkan saat ini adalah salah satu hal positif yang mendukung eksistensi korporasi multinasional ini, yang telah dipelajari di bidang pembangunan ekonomi global dan sangat menonjol dalam isu globalisasi perdagangan di satu negara.

Perusahaan multinasional ini memiliki fitur dan pengaruh tertentu. Hal ini karena keberadaan perusahaan multinasional di satu negara adalah salah satu perusahaan yang berkontribusi pada sumber pendapatan negara yang digunakan sebagai elemen pembangunan ekonomi perusahaan dan membebani pajak yang tinggi. Perusahaan multinasional ini akan selalu ada dan merupakan pekerjaan baru yang tak terelakkan sebagai bentuk globalisasi.

MNC adalah perwujudan hubungan internasional dalam cadangan modern, yang merupakan subjek dari kepentingan perusahaan multinasional di negara itu.

Karakteristik, kekuatan dan kelemahan perusahaan multinasional

Kecuali kehadiran perusahaan multinasional yang menakjubkan saat ini dan berbagai contoh kemitraan di Indonesia. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang perusahaan multinasional, seperti fitur-fitur yang diuraikan di bawah ini.

• Ruang lingkup sumber daya atau pendapatan perusahaan dari perusahaan multinasional umumnya melebihi batas pendapatan negara
• Kontrol perusahaan atas penggunaan modal dan penggunaan teknologi sangat penting karena mempengaruhi keunggulan kompetitif perusahaan multinasional.
• Sistem perdagangan yang terjadi di dalam perusahaan multinasional terjadi di dalam lingkup perusahaan itu sendiri, meskipun fungsi produksi perusahaan sangat penting, meskipun proses produksinya juga lintas negara.
• Pengembangan sistem distribusi dan manajemen yang terjadi lintas batas, terutama sistem distribusi dan manajemen yang berasal dari lisensi, usaha dan sistem waralaba.

Manfaat perusahaan multinasional di Indonesia meliputi:

• Buat pekerjaan baru dan tingkatkan peluang kerja di negara-negara di mana perusahaan tersebut ditempati.
• Meningkatkan modal valuta asing dengan berinvestasi di sektor ekspor komoditi.
• Permintaan valuta asing di sektor impor akan menurun.
• Membantu dalam proses modernisasi pembangunan nasional.
• Membantu perkembangan negara.
Namun, selain manfaat dari perusahaan multinasional,
• Jika perusahaan multinasional memiliki lebih banyak pengembangan dan jumlah perusahaan multinasional, kekuatan ekonomi dari perusahaan multinasional pasti dapat terpengaruh.
• Berpotensi mengganggu kehidupan ekonomi dan politik di suatu negara. Karena mentransfer keuntungan dan menyembunyikan keuntungan kepada pemegang saham negara itu akan dibebaskan pajak.

Kasus perusahaan kemitraan di Indonesia sebenarnya adalah bencana. Tidak ada keraguan bahwa ada kelebihan dan kekurangan, termasuk kehadiran perusahaan multinasional yang memainkan peran penting dalam perkembangan bangsa yang sedang tumbuh dan berkembang. Ada banyak perbedaan antara perusahaan besar dan besar yang menonjol hari ini. Ada beberapa keluhan yang umumnya mengeluh di negara-negara di mana perusahaan multinasional telah mengambil alih.

• Perusahaan multinasional mendominasi ekonomi nasional.
• Perusahaan multinasional terkadang mencari untung besar.
• Biasanya hanya pekerja lokal berbakat yang dipekerjakan dan dipekerjakan.
• Jangan fokus pada membina perusahaan domestik.
• Biasanya, Anda tidak boleh menghormati hukum atau kebiasaan.
• Akan ada proses intervensi di pemerintah lokal

Perusahaan multinasional beroperasi di lebih dari satu negara, sehingga peluang dan peluang untuk berinteraksi dengan mitra di negara lain sangat tinggi. Pekerja di perusahaan multinasional perlu melihat jalur karier mereka secara global, karena persaingan menjadi sangat ketat dan pekerja memiliki kesempatan untuk pindah ke negara lain. Berikut ini adalah beberapa perusahaan multinasional terbaik di Indonesia.

1. Google

Siapa yang tidak tahu mesin pencari Internet besar ini? Google dirancang untuk mengurangi tingkat birokrasi internal yang dapat memengaruhi efisiensi proses administrasi. Perusahaan multinasional AS mengoperasikan produk dan layanan Internet seperti mesin pencari, periklanan online, komputasi web, dan perangkat lunak. Perusahaan besar ini pertama kali didirikan pada tahun 1996 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Google adalah perusahaan multinasional besar yang bergantung pada banyak karakteristik perusahaan layanan yang sangat produktif saat ini.

2. LG

Pada tahun 1947, LG adalah perusahaan kimia pertama di Korea. Keberadaan LG adalah kolaborasi antara keluarga Heo dan Koo yang benar-benar bersaing dan menjalankan berbagai rumah tangga secara turun-temurun. Perusahaan telah mulai menjelajahi bidang elektronika dan berbagai peralatan rumah tangga. LG sendiri telah tumbuh dan berkembang di Indonesia sejak tahun 1990.

3. KFC

Yum! Salah satu merek dagang perusahaan waralaba dimulai! Brands, Inc. menjadi terkenal dan menjadi salah satu merek favorit Indonesia. KFC, pertama kali didirikan di Louisville, Kentucky, AS, Harland Sanders. Produksi ayam goreng adalah salah satu produk KFC yang paling banyak dikenal dan dikenal luas. KFC telah dibentuk di Indonesia sejak tahun 1979.

4. Levi

Siapa yang tidak mengetahui berbagai produk jeans dalam merek berkualitas ini? Ya, perusahaan Levi didirikan pada 1880 oleh Levi Strauss (Genoa, Italia). Biasanya jeans ini digunakan oleh Angkatan Laut. Celana Levi sering disebut sebagai Bleu de Genes, yang berarti Genoa biru. Dan Levi sekarang memiliki ribuan pekerja yang tersebar di banyak negara.

5. Epson

Perusahaan Jepang ini, yang diproduksi di Indonesia, sebenarnya menjadikan negara kita sebagai pusat produksi. EPSON sebenarnya adalah anak perusahaan dan anak perusahaan dari Seiko, perusahaan jam tangan terkenal. EPSON sendiri adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang elektronik yang merupakan produsen peralatan informasi dan printer komputer terkenal. Epson memiliki kantor di Suwa, Jepang. Perusahaan multinasional ini telah memproduksi berbagai macam printer laser, scanner, komputer desktop dan komputer dot matrix dan merupakan salah satu contoh dari perusahaan multinasional terbaik di Indonesia.

You may also like